Skip to main content

Ilmu Geologi Menjadi Salah Satu Terpenting Dalam Pembangunan Terowongan Bawah Tanah

Geologi adalah faktor terpenting yang menentukan sifat, bentuk, dan biaya sebuah terowongan. Sebelum pembangunan terowongan, geologi bawah permukaan dieksplorasi dengan menggunakan pit, adits (drifts), pengeboran dan terowongan pilot. Iklan eksplorasi yang didorong sebelum pembuatan terowongan dimulai biasanya tidak digunakan kecuali bagian tertentu tampak sangat berbahaya atau terdapat banyak ketidakpastian. Pengeboran inti membantu interpretasi fitur geologi yang telah diidentifikasi di permukaan. Sebuah terowongan percontohan mungkin merupakan metode terbaik untuk menjelajahi lokasi terowongan dan harus digunakan jika terowongan berukuran besar akan dibangun di tanah yang diketahui memiliki kondisi geologi kritis. Itu juga mengeringkan batu sebelum penggalian utama. Jika arus masuk air berlebihan, batuan dapat di-grouting dari terowongan pilot sebelum penggalian utama mencapai zona bantalan air.

Terowongan adalah galian horizontal atau hampir horizontal yang terbuka ke permukaan tanah di setiap ujungnya. Saat penggalian berlangsung dalam arah vertikal atau hampir vertikal dan terbuka ke permukaan hanya di bagian atas, itu disebut Poros. Penyimpangan atau adit mirip dengan terowongan, kecuali penyimpangan yang terbuka ke permukaan di salah satu ujungnya saja. Istilah stope atau raise kadang-kadang digunakan untuk menunjukkan penggalian miring yang didorong dari terowongan utama atau melayang ke arah atas, biasanya untuk tujuan eksplorasi.

Ada 4 istilah yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan lokasi penampang terowongan. 1. Ada lantai, atau terbalik. 2. Bagian atas penampang adalah atap, juga disebut sebagai punggung atau mahkota. 3. Sisi-sisi terowongan disebut sebagai dinding terowongan, dan garis pegas adalah titik di mana bagian melengkung dari atap memotong bagian atas dinding.

Informasi yang dapat dipercaya berkaitan dengan kondisi tanah di depan muka bangunan jelas diperlukan selama konstruksi terowongan. Hal ini dapat dicapai dengan berbagai tingkat keberhasilan dengan mengebor lubang horizontal panjang di antara poros, atau dengan mengebor langsung dari permukaan terowongan secara berkala. Dalam kondisi tanah yang sangat buruk, pembuatan terowongan berlangsung di belakang serangkaian lubang probe yang menyebar ke luar sekitar 10–30 m di depan permukaan terowongan. Meskipun ini memperlambat kemajuan, ini memastikan penyelesaian. Lubang yang dibor ke atas dari mahkota terowongan dan ke depan dari dinding samping membantu menemukan fitur abnormal seperti sesar, saluran terkubur, sambungan yang lemah, atau rongga larutan.

Peralatan untuk mengebor ke arah depan dapat dimasukkan ke dalam mesin bor terowongan atau pelindung. Tingkat penetrasi bor probe harus melebihi mesin bor terowongan, idealnya harus sekitar tiga kali lebih cepat. Menjaga posisi lubang, bagaimanapun, menghadirkan masalah utama saat pengeboran horizontal dilakukan. Khususnya, variasi kekerasan tanah yang miring ke arah pengeboran dapat menyebabkan penyimpangan radikal. Bahkan di tanah yang seragam, tongkat keluar jalur. Oleh karena itu, kemiringan lubang harus disurvei.

BENTUK LINTAS TUNNEL 1. Bentuk D 2. Bentuk lingkaran 3. Bentuk sepatu kuda

BENTUK LINTAS TUNNEL 1. Bentuk D: Biasanya digunakan pada batuan, di mana terowongan tak bergaris diusulkan untuk dibangun. Bagian seperti itu memiliki atap lengkung dan sisi vertikal lurus. Atap lengkung dapat dengan mudah mengambil beban vertikal dan memindahkannya ke samping. Sisi dapat dibangun di R.C.C jika tanah lunak. Bagian ini cocok untuk kereta bawah tanah dan terowongan navigasi. Bagian ini memiliki pembalik yang hampir rata, yang memberikan ruang lantai kerja tambahan, berguna selama mengemudi dan lantai datar untuk peralatan bergerak. Inilah keuntungan utama ruas ini dan menjadikannya ruas yang biasa digunakan untuk jalan raya dan terowongan kereta api (kereta bawah tanah).

BENTUK LINTAS TUNNEL 2. Bentuk melingkar: Biasanya dilapisi dan menawarkan ketahanan yang kuat terhadap tekanan eksternal dari tanah bantalan air atau tanah lunak; serta tekanan internal fluida, jika melewati terowongan. Bentuk seperti itu paling cocok untuk menahan gaya internal dan eksternal dan menyediakan luas penampang terbesar untuk keliling terkecil. Oleh karena itu, paling cocok untuk selokan, saluran air, dll. Ini paling cocok untuk tanah non-kohesif dan untuk terowongan yang digerakkan dengan metode perisai.

BENTUK LINTAS TUNNEL 3. Bentuk sepatu kuda: Ini adalah bentuk yang populer, memiliki atap setengah lingkaran dengan sisi melengkung dan terbalik melengkung. Jika dilapisi, penampang melintang ini menawarkan resistansi yang baik terhadap tekanan tanah eksternal dan berfungsi untuk menggabungkan keuntungan dari penampang berbentuk D dan melingkar. Ini adalah bentuk terbaik yang cocok untuk terowongan lalu lintas, karena lantai terowongan hampir rata, yang juga menyediakan ruang kerja bagi kontraktor, untuk menyimpan material selama konstruksi, selain menyediakan alas datar untuk lalu lintas yang bergerak. Bagian ini dianggap paling cocok untuk batuan lunak dan juga cocok

Comments

Popular posts from this blog

Why Laptop Keyboard Not Working

Why Laptop Keyboard Not Working Why Laptop Keyboard Not Working With Good when pressed cases like this happen and not some people often experience. Incidentally there temen asked who experience similar things, but he said that is unsatisfactory Hardware clearly associated with laptop keyboards can be broken, but the difference strainer for laptop cases whose status is still very young new alias Hardware concentrated there because of what I began to explore. Keep in mind the problem could be related to different consequences, but here I will be clear that the companions of our readers can adapt the same problem Picture before getting into how to fix it I have to share here first, each laptop is different type of course, clear of the need adaptations or arrangements will be different laptopnyapun do we talk about setting the computer's operating system installations here and afterwards akikat keypad or keyboard that is not working good will be seen very clearly as

GNSS RTK: Harga Sewa GPS Hi Target v90

  Kami mencoba membuat artikel untuk membantu para surveyor atau perusahaan khususnya perusahaan dalam bidang perencanaan pembangunan atau pengukuran. mencoba membahas harga dan biaya sewa GPS Hi Target v90 yang bisa dicocokan kelayakannya harga oleh para surveyor dengan melihat spesifikasinya. Receiver GNSS Hi Target v90 ini mempunyai harga rata rata 190 juta atau jika anda menemukan harga dibawah itu maka lebih bagus namun itu mungkin jarang. Harga GPS Hi Target ini memang cukup mahal namun seperti istilah mengatakan ada harga ada kualitas. Meski demikian harga tersebut masih terasa sangat mahal untuk perusahaan atau surveyor yang hanya membutuhkan alat ini untuk sekali atau 1 projek saja. Jangan hawatir rental adalah solusi yang tepat. Menurut data yang kami terima harga sewa Hi Target v90 berada diantara 1 sampai 1,5 jutaan. So kalo sewa lebih fit dalam anggaran kenapa harus beli.    Dengan struktur dan desain yang sangat terintegrasi, V90 Plus GNSS RTK menggabungkan modul jaringa

How To Fix ACPI ATK0100 Kernel Mode Driver Windows 7

How To Fix ACPI ATK0100 Kernel Mode Driver is a problem that often arises in case of a corrupt file on the App Driver Computer where the link between the hardware and the software are very close if left unchecked the problem will be an adverse impact on computer hardware, in addition to the other causes for this type of laptop ASUS such coincidence is also the author of the problem facing the App Driver recommendation that was brought from ASUS Live Update device is activated so that the different versions causing problems can't open ACPI ATK0100 kernel Mode Driver Error appears, ACPI ATK0100 Kernel Mode Driver ASUS Download forWindows 7. For other brand laptops I do not know well how to fix error acpi atk0100 kernel mode driver how to fix error acpi atk0100 kernel mode driver 2 Impact than ACPI ATK0100 Kernel Error was prior warning they will be out first Error Error first appeared Plug the USB port, such as when the computer connects to the FD can not conn